Hasil MotoGP Portugal 2024: Jorge Martin Juara

Avatar photo
Jorge Martin
Hasil MotoGP Portugal 2024 Jorge Martin Juara

Hasil MotoGP Portugal 2024 keluar sebagai juara adalah Jorge Martin, pembalap Ducati Prima Pramac Racing di Sirkuit Algarve, Portimao, Minggu (24/3).

Balapan yang berlangsung sebanyak 25 lap ini menyuguhkan beberapa insiden. Salah satu insiden yang menarik perhatian adalah Francesco Bagnaia dan Marc Marquez.

Pembalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia terlibat insiden senggolan dengan Marc Marquez dari Ducati Gresini Racing, hingga membuat keduanya terjatuh.

Dalam balapan ini, Pedro Acosta terus mendapat sorotan kamera dan berhasil podium tiga. Hal ini terjadi ketika Maverick Vinales terjaduh pada last lap.

Nasib sial yang menimpa pembalap Aprilia Racing itu, membuat Pedro Acosta naik satu peringkat di posisi ketiga dan menandakan podium perdana selama naik ke MotoGP.

Pemimpin balapan Jorge Martin, berhasil menjaga jarak dari pembalap yang dibelakangnya. Enea Bastianini dari pabrikan Ducati harus puas finis kedua di MotoGP Portugal.

Akhirnya, Jorge Martin berhasil melewati bendera finis pertama dan di susul Enea Bastianini (Ducati) dan Pedro Acosta (GASGAS Tech3).

Jorge Martin untuk sementara memimpin klasemen MotoGP 2024 dengan 60 poin.

Jalannya Balapan MotoGP Portugal 2024

Francesco Bagnaia mengawali balapan MotoGP Qatar dengan gemilang, melesat dari posisi keempat ke posisi pertama. Namun, Jorge Martin tak mau kalah, langsung menyalip Bagnaia di Tikungan 1.

Martin memimpin di Lap 2, diikuti Maverick Vinales dan Enea Bastianini. Bagnaia turun ke posisi keempat.

Baru empat putaran, drama terjadi! Franco Morbidelli, Alex Marquez, dan Raul Fernandez terjatuh. Morbidelli berhasil kembali ke lintasan, tapi Marquez dan Fernandez harus merelakan balapan.

Lima pebalap terdepan saat itu adalah Martin, Vinales, Bastianini, Bagnaia, dan Marc Marquez. Marquez unggul 0,579 detik atas Brad Binder yang bertarung sengit dengan Pedro Acosta untuk posisi keenam. Jack Miller dan duo Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo dan Alex Rins, juga berada di 10 besar.

Acosta Bersinar, Bagnaia Tergelincir

Acosta menunjukkan performa gemilang, menembus lima besar setelah menyalip Binder dan Marquez. Rookie ini bahkan sempat menempel Bagnaia dengan selisih 0,099 detik.

Acosta menyalip Bagnaia di Tikungan 1 Lap 12, namun melebar dan Bagnaia kembali merebut posisi. Pada Lap 21, Acosta kembali menyalip Bagnaia dan berhasil mempertahankan posisinya di depan juara bertahan MotoGP itu.

Insiden Dramatis Menjelang Akhir

Drama kembali terjadi menjelang akhir balapan. Bagnaia dan Marquez terlibat insiden di Tikungan 5. Manuver Bagnaia menyenggol Marquez, dan keduanya terjatuh ke gravel. Vinales yang tengah berebut podium ketiga juga tergelincir.

Insiden ini mengantarkan Pedro Acosta ke podium ketiga di belakang Jorge Martin dan Enea Bastianini.

Hasil MotoGP Portugal 2024

1. Jorge Martin 41 menit 18,138 detik
2. Enea Bastianini +0,882 detik
3. Pedro Acosta +5,362 detik
4. Brad Binder +11,129 detik
5. Jack Miller +16,437 detik
6. Marco Bezzecchi +19,403 detik
7. Fabio Quartararo +20,130 detik
8. Aleix Espargaro +21,549 detik
9. Miguel Olibeira +23,929 detik
10. Fabio Di Giannantonio +28,195 detik

Baca berita terbaru hari ini seputar MotoGP, Moto2, Moto3, F1 dan Otomotif di GPNesia.com melalui Google News + Facebook