Siapa Fermin Aldeguer? Pembalap Moto2 yang Direkrut Ducati

Avatar photo
Fermin Aldeguer

Fermin Aldeguer merupakan pembalap Moto2 yang direkrut Ducati selama dua musim pada gelaran MotoGP 2025-2026. Ini sosoknya.

Nama Fermin Aldeguer mungkin masih asing bagi para penggemar MotoGP di Indonesia. Namun, baru-baru ini nama pembalap muda asal Spanyol ini menjadi perbincangan hangat setelah diumumkan akan bergabung dengan tim pabrikan Ducati di MotoGP 2025.

Pembalap Speed Up Racing Moto2, Fermin Aldeguer, resmi menandatangani kesepakatan dengan Ducati Corse untuk MotoGP 2025 dan 2026.

Kontraknya pun tak tanggung-tanggung, yakni ‘2+2’, yang artinya berdurasi dua musim dengan opsi lanjutan untuk dua musim selanjutnya.

Aldeguer merupakan pembalap berusia 18 tahun asal Spanyol. Ia memulai karier balap profesionalnya di European Talent Cup pada 2018.

Pada tahun kedua, ia sukses menduduki peringkat ketiga. Gebrakan lebih besar ia buat dengan menjuarai ajang CEV Stock 600 2020 dan CEV Moto2 2021.

Uniknya, ia menjalani debut di paddock MotoGP lewat ajang MotoE pada 2021 bersama Openbank Aspar Team, di mana ia menduduki peringkat 9.

Pada tahun yang sama, ia menjalani debut Grand Prix di Moto2, usai diminta Speed Up untuk menggantikan Yari Montella sejak pertengahan musim.

Karier Balap Aldeguer

Aldeguer memulai karir balapnya di usia muda, mengikuti jejak sang ayah yang juga seorang pembalap. Pada tahun 2018, dia memulai debutnya di European Talent Cup dan meraih podium pertamanya di musim berikutnya.

Pada tahun 2020, Aldeguer pindah ke FIM CEV Moto2 European Championship dan langsung menunjukkan potensinya dengan meraih dua kemenangan dan finis di posisi keempat klasemen akhir.

Performa Menawan di Moto2

Pada tahun 2022, Aldeguer naik ke kelas Moto2 bersama tim Speed Up Racing. Dia langsung menunjukkan performa yang menawan dengan meraih pole position di Argentina dan beberapa kali finis di posisi 10 besar.

Aldeguer mengakhiri musim Moto2 2022 di posisi ke-15 dengan raihan 74 poin. Penampilan impresifnya di musim debutnya ini menarik perhatian tim pabrikan Ducati yang kemudian merekrutnya untuk bergabung di MotoGP 2025.

Gaya Balap Agresif

Aldeguer dikenal dengan gaya balapnya yang agresif dan berani. Dia tidak ragu untuk melakukan overtake dan selalu berusaha untuk meraih hasil terbaik.

Masa Depan Cerah di MotoGP

Kedatangan Aldeguer di tim pabrikan Ducati menjadi angin segar bagi tim asal Italia tersebut. Dengan usianya yang masih muda dan potensinya yang besar, Aldeguer diprediksikan mampu menjadi salah satu bintang MotoGP di masa depan.

Fakta Menarik tentang Fermin Aldeguer:

  • Lahir di Murcia, Spanyol pada tanggal 5 April 2005.
  • Memulai karir balap di usia 4 tahun.
  • Juara FIM CEV Moto2 European Championship 2021.
  • Raih pole position di Moto2 Argentina 2022.
  • Direkrut oleh tim pabrikan Ducati untuk MotoGP 2025.
Baca berita terbaru hari ini seputar MotoGP, Moto2, Moto3, F1 dan Otomotif di GPNesia.com melalui Google News + Facebook