Lewis Hamilton Gagal Rebut Poin di F1 GP Australia 2024

Avatar photo
Lewis Hamilton

Pembalap Mercedes AMG Petronas, Lewis Hamilton gagal rebut poin dalam race F1 GP Australia 2024. Penyebabnya, mesin mobilnya meledak.

Race F1 GP Australia 2024 diwarnai insiden mesim Mercedes AMG Petronas, Lewis Hamilton meledak dan harus out dari balapan, Minggu (24/3/2024).

Kejadian mesin mobil yang dikendarai Lewis Hamilton meledak di tengah Grand Prix Australia. Hanya beberapa lap setelah Max Verstappen juga terpaksa mundur dari balapan.

Pebalap Red Bull Verstappen start dari pole tetapi segera kehilangan keunggulan dari Carlos Sainz. Ia bernasib kurang bagus karena salah satu rem mobilnya terbakar.

Lewis Hamilton menjadi pebalap gagal finis kedua dari balapan hanya 10 lap kemudian. Juara F1 tujuh kali itu melaporkan masalah mesin melalui radio dan segera menjadi jelas bahwa unit tenaganya telah rusak total.

Pengunduran diri ini membuat Ferrari berada dalam posisi prima untuk mengambil keuntungan penuh.

Sainz memimpin dengan nyaman setelah Verstappen pensiun sementara, setelah pit stop putaran pertama, rekan setimnya Charles Leclerc ditempatkan tepat di belakangnya.

Sainz adalah pemenang balapan terbaru sebelum akhir pekan Melbourne. Dia meraih kemenangan di Singapura tahun lalu – terakhir kali Verstappen gagal memenangkan balapan F1.

Pensiun dini pebalap Belanda itu mengakhiri peluangnya untuk menyamai rekornya sendiri yaitu 10 kemenangan balapan F1 berturut-turut.

Hal ini juga memungkinkan para pesaingnya untuk menutup kesenjangan dalam kejuaraan dan memberi mereka harapan bahwa kemenangan masih mungkin terjadi – bahkan jika Verstappen terlalu cepat saat mobilnya bekerja.

Pebalap Red Bull itu berada dalam tekanan sejak lap kedua balapan Australia dimulai. DRS membiarkan Sainz tetap berada dalam jarak yang dekat sehingga pemain Spanyol itu bisa memanfaatkan sepenuhnya ketika kesalahan datang dari sang juara bertahan.

Dia keluar jalur di Tikungan Delapan dan, pada tikungan berikutnya, Ferrari sudah terbang melewatinya.

Tapi ternyata itu adalah masalah yang paling kecil karena asap segera terlihat keluar dari bagian belakang Red Bull-nya. Dia melaporkan masalahnya melalui radio dan melambat di jalurnya.

Verstappen tertatih-tatih kembali ke jalur pit tetapi kerusakan yang diakibatkan oleh api terlalu parah sehingga dia tidak dapat melanjutkan balapan dengan aman.

Dia segera keluar dari mobil dan tampak tidak terkesan saat melepas perlengkapan balapnya di garasi Red Bull.

Baca berita terbaru hari ini seputar MotoGP, Moto2, Moto3, F1 dan Otomotif di GPNesia.com melalui Google News + Facebook